RSS

Pirates of Silicon Valley

30 Mar

Film pirate of silicon ini bisa di sebut semi dokumener film ini menceritakan perjuangan dan persaingan awal kelahiran dua korporasi komputer ternama yaitu apple dan microsoft. Secara keseluruhan, film Pirates of Silicon Valley merupakan suatu film tentang perseteruan Steve Jobs & Bill Gates (Apple & Machintos) dari sudut pandang orang-orang terdekat dari Steve Jobs dan Bil Gates.

Di film ini diceritakan bagaimana Gates dan Steve memulai segalanya dari bawah. Pada 1975, Gates dan rekannya Paul Allen mendirikan Microsoft. Dan pada 1976, Jobs dan rekannya Steve Wozniac mendirikan Apple Inc, Waktu itu mereka mampu menjual komputer Apple I yang awalnya dibungkus kayu dan menggunakan layar TV bekas. Sebenarnya Wozniac sempat menunjukkan komputer tersebut ke perusaahaan HP tempat dia bekerja. Tapi para petinggi HP saat itu hanya menertawakannya.

Fase selanjutnya adalah fase pencurian. Di sini kita lihat bahwa 2 kubu tersebut memajukan perusahaan mereka dengan hasil karya orang lain. Di kubu Jobs, kejayaan Apple dimulai ketika mereka berhasil menciptakan komputer yang memiliki GUI yang menarik, dengan digunakannya mouse. Ide penggunaan mouse dan grafik tersebut mereka curi dari Xerox. Pihak Xerox mengijinkan Jobs dan kawan-kawan melihat hasil karyanya karena tidak menyadari dahsyatnya pemanfaatannya. Steve Jobs sama sekali tidak malu mengakui bahwa dia telah melakukan pencurian. Justru dia bangga dan menjadikan pencurian sebagai motto perusahaan. Bahkan di depan kantornya yang nyentrik, dikibarkan bendera bajak laut. dengan slogannya Good artists copy, great artists steal.

Di cerita ini, di ceritakan pula bill gates dan rekan nya steve ballmer bersama paul allen(harvard university) juga melakukan inovasi inovasi baru namun mereka tertinggal satu langkah dengan jobs dan woz,teknologi mereka sudah bisa memasuki club artikel baru tentang komputer.hal ini membuat bill gates geram.

bill gates mengatakan “kita harus dekat dengan sahabat tapi juga harus lebih dekat dengan musuh” musuh di sini di maksudkan adalah IBM yang merupakan musuh dari steve jobs.

Pada saat Apple sudah besar, Microsoft masih merupakan perusahaan kecil. Namun produk BASIC mereka cukup menarik bagi IBM. Dan suatu saat bertemulah kubu Gates dengan petinggi IBM. Pada pertemuan tersebut, Bill Gates berhasil meyakinkan IBM bahwa mereka memiliki produk yang dibutuhkan IBM. Padahal Gates dan kawan-kawan tidak mempersiapkan apapun ketika berangkat ke pertemuan. Bahkan dasi Bill Gates pun dibeli dari seseorang yang sedang buang air di airport. Terang saja Bill Gates dkk. kebingungan untuk memenuhi janji mereka ini. Dan di tengah-tengah kebingungan tersebut, Allen mengunjungi sebuah software house kecil. Di sana dia melihat program XDOS, dan memutuskan untuk membeli beserta lisensinya. Program tersebutlah yang akhirnya dijual kembali oleh kubu Bill Gates kepada IBM. Dan itu pun dengan lisensi yang masih dipegang Microsoft. Program itu kemudian menjadi MS DOS, yang ada di seluruh komputer yang menggunakan Windows saat ini. Bayangkan betapa sakit hatinya si pencipta XDOS bila mengetahui hal ini.

Kerjasama dengan IBM tersebut membuat Microsoft terus berkembang, tapi masih tetap di bawah Apple Inc. Fase selanjutnya adalah fase pengkhianatan. Sampai saat itu, Apple selalu selangkah lebih maju. Hal ini membuat Bill Gates penasaran dan datang menemui Jobs. Entah jampi-jampi apa yang dia gunakan sehingga Steve Jobs mau menunjukkan prototype yang sedang dikembangkan Apple. Dan hebatnya lagi, Steve Jobs bahkan memberi Bill Gates 1 buah prototype karena Gates berjanji untuk ikut mengembangkannya. Setelah sekian lama tidak ada kabarnya, Jobs pun mulai tersadar. Dia pun memanggil Gates dengan penuh amarah. Di sini lagi-lagi terlihat bakat negoisator seorang Bill Gates. Dia sekali lagi berhasil meyakinkan Steve Jobs bahwa dia sedang membantu melakukan pengembangan. Dan akhirnya tibalah saat peluncuran komputer Apple yang berasal dari prototype tersebut. Gates diberi kesempatan untuk turut berpidato. Ketika Gates sedang di podium, Steve Jobs mendapat kabar bahwa di Jepang sudah beredar komputer dengan program yang mirip dengan produk Apple itu. Program tersebut tak lain adalah Microsoft Windows!

dari beberapa kutipan film tersebut memang benar adanya,jika …..”seniman baik meniru,,seniman hebat mencuri” …….kutipan itu pernah di ucapkan oleh steve jobs dan bill gates.

apple merupakan seniman baik dan microsoft seniman hebat.

knpa??? karena apple meniru hasil karya XErox sedangkan mocrosoft mencuri hasil karya apple.

dari sinopsis di ats kita dapat mengetahui hal apa saja yang melanggar UU HAKI.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 30, 2011 in Mata Kuliah, Technopreneurship

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: